[Quotes] Belajar – Kevin Tsai / 學 – 蔡康永

15岁觉得游泳难,放弃游泳,到18岁遇到一个你喜欢的人约你去游泳,你只好说“我不会耶”。18岁觉得英文难,放弃英文,28岁出现一个很棒但要会英文的工作,你只好说“我不会耶”。人生前期越嫌麻烦,越懒得学,后来就越可能错过让你动心的人和事,错过新风景。

——

“Saat berumur 15 tahun, karena merasa berenang itu susah, maka kamu menyerah. Setelah berumur 18 tahun, kamu bertemu dengan orang yang kamu sukai dan dia mengajakmu berenang, namun kamu hanya bisa berkata ‘yah, aku ga bisa’. Saat berumur 18 tahun, karena merasa Bahasa Inggris itu susah, maka kamu menyerah. Setelah berumur 28 tahun, tawaran untuk pekerjaan bagus pun muncul dengan syarat kamu harus bisa berbahasa Inggris, maka kamu pun hanya bisa berkata ‘yah, aku ga bisa’. Di masa awal kehidupan, semakin kamu merasa repot, semakin kamu merasa malas belajar, maka di masa yang akan datang semakin besar kemungkinan kamu hanya akan melewati hal-hal dan orang-orang yang kamu sukai, melewati pemandangan baru.” — Kevin Tsai

**********************************

Ini adalah salah satu quote yang cukup terkenal dari Kevin Tsai, aku sangat suka dengan kutipan ini, karena kutipan ini memotivasiku untuk tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan. Kita tidak akan pernah tau kesempatan apa yang sedang menanti kita di masa depan, sementara bermalas-malasan atau menghindari tempaan hanya akan membuat kita menyesal di kemudian hari.

Memang sering kita merasa ‘terbebani’ dengan tugas-tugas sekolah, misalnya, ataupun training-training yang memaksa kita untuk belajar: belajar bahasa, belajar matematika, belajar komputer, kursus sertifikasi, pengenalan produk dan pelajaran-pelajaran lain yang bikin pusing bahkan membosankan. Namun percayalah, hanya karena kamu tidak melihat gunanya saat itu, tidak berarti bahwa skill itu tidak akan berguna nantinya. Contohnya, seorang teman dari jaman SMP yang dulu paling benci pelajaran Mandarin pun belakangan mengutarakan penyesalannya, “Enak ya lo, bisa Mandarin. Gw jg pengen nih, supaya bisa cari barang ke Cina” See?

“Skill itu, kalau kamu udah bisa, maka itu selamanya punya kamu, ga akan ada yang bisa curi. Itu adalah modal dan kesempatan kamu!” kata Mama entah saat aku berumur berapa tahun.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s